Melatih Mental? Atau Ketololan?

Apa itu melatih mental?

Menurut KBBI arti kata melatih adalah mengajar seseorang dan sebagainya agar terbiasa (mampu) melakukan sesuatu; membiasakan diri (belajar) sedangkan mental berarti bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga.

ilustrasi melatih mental yang salah.
gambar ilustrasi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa melatih mental adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk dapat mengendalikan apa yang ada didalam dirinya (batin) agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Namun banyak sekali pihak yang berpandangan salah mengenai arti melatih mental tersebut. Dimana melatih mental adalah hal yang dilakukan oleh manusia untuk dapat mengatasi malu atau melawan rasa malu terhadap pandangan orang lain. Seperti contohnya: berjalan di saluran pembuangan, memakai atribut memalukan dan berjalan di pemukiman penduduk dengan dalih “jangan malu, ini juga untuk menguji mental”. Hal tersebut merupakan sesuatu yang keliru dan harus diluruskan!

Saya tekankan, melatih mental bukan berani malu, tapi berani benar. Disaat semua orang melakukan kesalahan yang dianggap lumrah sehingga banyak yang mengikutinya, kita bisa melatih mental dengan tetap melakukan hal yang benar walaupun berbeda dengan kebanyakan orang. seperti contohnya saat lampu merah di persimpangan jalan, ketika orang-orang melanggarnya dan tetap jalan walaupun lampu sudah merah, kita bisa melatih mental dengan berhenti sesuai peraturan. berani? coba latih mentalmu seperti itu. bukan kah ini lebih mudah dan masuk akal?

Coba bayangkan jika melatih mental dengan cara berjalan di saluran pembuangan, memakai atribut memalukan dan berkeliling di permukiman dengan bertingkah seperti hewan. Kira- kira mental seperti apa yang tercipta dari pelatihan yang seperti ini? Mental orang gila? mungkin!

Untuk melatih mental sebenarnya mudah, bisa dilakukan dari hal-hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari. berikut saya berikan contoh untuk melatih mental.

  1. Berkata jujur
  2. Menepati janji
  3. Tepat waktu
  4. Disiplin
  5. Pantang menyerah
  6. Sopan santun
  7. Percaya diri
  8. dll

Sebagai manusia yang dapat berpikir sudah selayaknya kita memilah hal-hal yang dianggap benar dan salah, marilah kita buka pandangan kita mengenai masalah ini. Karena mental merupakan sesuatu yang ada pada diri manusia sudah seharusnya kita melatihnya dengan benar.

2 thoughts on “Melatih Mental? Atau Ketololan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *