Persaudaraan Kita Lebih Erat dari Jokowi VS Prabowo

Beberapa hari yang lalu aku melakukan percobaan yang cukup “nyleneh”, dimana aku menulis status dukungan terhadap jokowi dan besoknya menulis status dukungan untuk prabowo. Apa yang aku lakukan semata-mata hanya untuk melihat seberapa erat tali persaudaraan diantara kita. Apakah mereka “termakan” oleh isue tentang perbedaan pilihan Jokowi VS Prabowo?

Aku menulis status tersebut pada akun facebook milik ku Wiko Nurdian yang mendapat beberapa like dan komen.

facebook wiko
status Jokowi

Kedua status tersebut aku buat secara berturut-turut. Satu hari membuat status tentang Jokowi kemudian besoknya membuat status tentang prabowo. Tanggapan dari teman-teman facebook ku pun bermacam-macam. Ada yang mendukung Jokowi namun ada juga yang menunjukan bahwa dirinya mendukung Prabowo, tapi semuanya menuliskan komentar dengan santun bahkan diselingi humor.

Karena itu adalah akun facebook pribadi milikku maka orang yang komen pada status tersebut adalah keluarga dan temanku di dunia nyata. Mereka menyukai dan berkomentar pada status ku dengan santun dan tidak anarkis ataupun tidak saling menghujat satu sama lain. Bahkan beberapa diantaranya malah membuat lelucon. Aku tahu, mereka memiliki pilihan yang berbeda, namun mereka mengesampingkan perbedaan tersebut dan mengutamakan tali persaudaraan. 

Pesan

Jadilah netizen yang cerdas, tidak mudah di adu domba dan bijak. Karena dunia maya bisa memberikan manfaat juga bisa memberikan kerugian bagi kita. Dapat memilah informasi dan tidak fanatik untuk mendukung kubu tertentu adalah tindakan yang patut dicontoh. Jangan karena perbedaan pendapat kemudian membat kita terpecah belah dan berdebat kusir tanpa akhir.

 

Teman-teman facebook ku sudah membuktikan bahwa perbedaan tidak dapat memisahkan tali persaudaraan, terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan.

2 thoughts on “Persaudaraan Kita Lebih Erat dari Jokowi VS Prabowo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *